Tentang Jurusan Pertambangan Institut Teknologi Yogyakarta

TEKNIK PERTAMBANGAN

Pada saat ini ada ribuan perusahaan tambang yang mengelola kekayaan SDA tambang kita.
Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan exploitasi tambang ini sudah dirasakan.
Oleh karenanya Prodi ini mengembangkan IPTEk yang menghasilkan Green Mining (Penambangan yang tidak merusak lingkungan).
Pada saat ini, perguruan tinggi yang menawarkan IPTEK yang tidak merusakdalam penambangan belum banyak.

VISI 
Menguasai Perekayasaaan Pertambangan yang Berwawasan Lingkungan.

Misi Program Studi Teknik Pertambangan:
1.Membangun integritas moral, kemampuan bekerja sama, kepedulian sosial dan keluwesan beradaptasi terhadap perubahan global dalam bidang pertambangan dan industri.
2.Melaksanakan kegiatan pendidikan yang dapat menumbuhkan kemampuan profesionalisme dan sikap kreatif dalam pengelolaan kegiatan yang terkait dengan industri pertambangan.
3.Berperan aktif dalam perkembangan ilmu dan inovasi dalam bidang rekayasa pertambangan melalui kerja sama dengan institusi pemerintah dan institusi yang terkait dengan industri pertambangan.
4.Membangun kerjasama dengan institusi baik regional, dan nasional berkenaan dengan hasil penelitian dan penerapan hasil perekayasaan dari bahan baku sumber daya alam dengan memperhatikan aspek zero waste sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

PROSPEK LULUSAN DAN PASAR KERJA :
Lulusan akan mampu berkarier sebagai dosen-dosen yang mengampu dan melakukan penelitian bidang terkait dengan Eksksplorasi, Studi Kelayakan, Persiapan produksi (development, construction), Penambangan (Pembongkaran, Pemuatan, Pengangkutan, Penimbunan), Reklamasi dan Pengelolaan Lingkungan, Pengolahan (mineral dressing), Pemurnian/metalurgi ekstraksi, Pemasaran, Corporate Social Responsibility (CSR), Pengakhiran Tambang (Mine Closure). Selain itu lulusan teknik pertambangan dapat bekerja di berbagai sektor seperti perusahaan pertambangan, baik perusahaan pertambangan nasional, internasional, maupun multinasional, seperti PT. Newmont Nusa Tenggara, Pertamina, dan PT. Freeport Indonesia. 

KERJASAMA DENGAN PIHAK LUAR :
Lulusan Program Studi Teknik Pertambangan ITY diharapkan dapat terserap di berbagai instansi Pemerintah Propinsi dan Pemda Kab./Kota, serta berbagai bidang swasta dan di lembaga pendidikan, seperti:
1.Pemerintahan (Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Dalam Negeri,      Departemen Perdagangan, Perbankan, Departemen Perindustrian, dan sebagainya)
2.Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (Pertamina, Perum Gas Negara, PLN, PT. Timah, dll)
3.Perusahaan swasta (Persero batubara, PT. Aneka Tambang, Mobil Oil, UNION OIL Indonesia, PT. INCO, PT. Semen Tonasa, PT. Bosowa Mining, PT. Hemako, PT. Freeport, PT. Berau Coal, PT. Tambang Aspal Butonb KODECO dan sebagainya)
4.Wiraswasta (Lulusan Teknik Pertambangan dapat berwiraswasta dalam perusahaan pemboran air tanah, minyak dan gas bumi)
5.Akademisi dan Lembaga Penelitian  (dosen pada peguruan tinggi negeri maupun swasta, LIPI, BPPT, dll)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliah Lapangan I "Pengenalan Lapangan Ilmu Kebumian"

Tentang Institut Teknologi Yogyakarta